AMD AKAN HADIR DENGAN SOCKET BARU

Selasa, 05 Februari 2008

Setelah cukup lama mengandalkan socket 939 dan 754 untuk processor desktop-nya, kini AMD akan beralih menggunakan socket terbaru. Dukungan terbaru untuk modul memory DDR2 adalah salah satu alasan utamanya.


Socket-F untuk Server
Untuk kebutuhan processor server, processor Opteron akan menggunakan socket-F, terdiri dari 1207 pin. Bandingkan dengan socket processor Opteron terdahulu, yang juga digunakan untuk beberapa processor Athlon dan Athlon FX dengan 940 pin.
Pada Opteron dengan 1207 pin ini juga akan mendukung penggunaan modul memory interface DDR2. Jumlah pin yang dapat dikatakan meningkat drastis, tentunya mempunyai fungsi lain, selain akan digunakannya modul memory DDR2.
Jumlah pin yang molonjak drastis juga membuat AMD melakukan perubahan. Digunakannya LGA (Land Grid Array) menggantikan ZIF (Zero Insertion Force) socket,
seperti yang sebelumnya sudah digunakan Intel LGA775. Sedangkan, penamaan dengan tetap menggunakan nama socket dan tidak menggantinya dengan sebutan LGA tentunya ini hanyalah masalah nama.
Penggunaan virtualization technology yang tersedia pada processor, agaknya akan menjadi trend terbaru untuk processor AMD. Tentunya juga akan tersedia pada processor untuk server. Virtualization technology AMD sendiri sebelumnya lebih dikenal dengan Pacifica.
Socket-AM2 untuk Desktop
Sebelumnya lebih dikenal dengan socket M2. Namun pada perkembangan terakhir, akan disebut sebagai Socket-AM2. Ia memiliki konfi gurasi 940 pin. Sekilas jumlah ini mirip dengan jumlah pin pada processor Athlon dan Opteron terdahulu. Untungnya desain socketnya diubah, sehingga mencegah kesalahan penggunaan processor untuk socket AM2 dengan proccessor ber-pin 940 terdahulu.