PROCESSOR DEKSTOP HEMAT ENERGI AMD

Selasa, 12 Februari 2008

Setelah cukup lama tidak terdengar kabar, Advanced Micro Devices (AMD) akhirnya mengumumkan jajaran prosesor terbarunya. Tidak ada lompatan berarti dari sisi kecepatan maupun frekuensi bus-nya. Namun, feature unggulan utamanya terletak di konsumsi energi yang lebih hemat.


AMD tampaknya membaca trend perangkat home PC dengan prosesor terbaru mereka. Seperti telah diketahui, produk-produk home PC, termasuk Viiv dari Intel, lebih berisik karena membutuhkan pendinginan yang baik.
Disadur dari press release resmi AMD, feature hemat energi ini akan diterapkan di tiga prosesor mereka: Athlon 64 X2 dual core, Athlon 64 dan Sempron single core. Meskipun harga chip hemat energi ini akan lebih mahal sebesar 5% dari prosesor versi standar AMD, konsumen akan mendapat manfaat yang lebih besar karena CPU akan lebih hemat daya.
Setelah ketiga prosesor hemat energi ini rilis, AMD berharap dapat mengadopsi teknologi ini untuk chip Opteron di server maupun workstation. Akhir bulan Mei ini, AMD akan mengeluarkan 11 model dari tiga chip hemat energi-nya. PC lengkap pertama yang menggunakannya akan tiba di pasaran bulan Juni.